Trik Ampuh Jadi Penulis Terkenal!




Mau jadi Penulis terkenal?



Hal tersebut hampir menjadi impian setiap Penyair. Kenapa saya bilang ‘hampir’?

Karena tidak semua Penulis berharap untuk terkenal. Banyak dari mereka yang menulis hanya untuk memenuhi kebutuhan hobi. Menuangkan sebuah pemikiran ke dalam sebuah tulisan adalah keharusan menurut mereka. Namun ada juga yang menjadikan hobi menulis tersebut sebagai ladang uang. Dari hobi, mereka mulai menerbitkan dan kemudian memasarkan.


Jadi, Anda pilih yang mana? Menulis untuk sekadar menuangkan isi pikiran, atau sebagai hobi yang bisa menghasilkan uang?


Nah, untuk mendapatkan uang dari hobi menulis, banyak sekali rintangan dan tantangan yang harus dilewati. Apalagi menulis puisi atau pun cerpen, kudu siap dengan segala kritik dan saran dari pembaca.

Kuat mental adalah salah satu kunci untuk sukses dalam menulis, lalu langkah lainnya agar bisa sukses menjadi Penulis apa saja? Silakan simak langkah-langkah di bawah ini:



1.    Memperbanyak kosa kata Bahasa Indonesia Anda.


Rajin-rajinlah untuk membaca kamus Bahasa Indonesia. Hafalkan beragam sinonim dan antonim yang bisa menunjang trik menulismu.


2.    Belajar menulis dengan benar.


Cek dulu apakah setiap kata yang Anda gunakan itu sesuai dalam KBBI. Jangan mengikuti bahasa ‘gaul’ dalam menulis. Namun, jika digunakan dalam percakapan, yang umumnya ada pada penulisan Cerpen, itu masih ada beberapa bahasa ‘gaul’ yang digunakan beberapa Penulis. Sebagai catatan, itu semua tergantung penerbit yang Anda tuju. Apakah penerbit tersebut mengizinkan bahasa ‘sehari-hari’ atau kah harus dengan bahasa formal.


3.    Bergabung dengan Grup menulis di sosial media atau dalam masyarakat.



Jika dalam lingkungan Anda belum ada komunitas menulis, jangan berkecil hati. Di zaman yang semakin modern, apa saja mudah sekali dilakukan. Terutama untuk menggali skill menulis Anda agar lebih mumpuni, Anda bisa bergabung dengam Grub menulis di Facebook,  Twitter atau dalam situs lain.


4.    Rajin menulis.

Jangan lupa untuk rajin mengasah kemampuan Anda agar tidak menjadi seperti pisau tumpul.


5.    Seringlah untuk memposting karya Anda ke dalam Grub.




Hal ini bertujuan agar banyak masukan untuk Anda. Mereka para pembaca, akan dengan senang hati untuk membaca dan memberi kritikan terhadap karya Anda sekalipun kritikan tersebut sangat pedas dan menyakitkan. Anda tidak perlu berkecil hati ataupun sedih. Yakinlah, segala saran dan masukam tersebut akan membuat Anda menjadi lebih baik.



Sudah itu dulu, Yuk, menulis lagi!  
Powered by Blogger.