Cara Hindari Pertengkaran Dalam Rumah Tangga, 99% Ampuh!



Semua orang berhak atas sebuah kebahagiaan.  Mendapat pasangan yang mau mengerti,  menerima apa adanya adalah impian kita. Lalu bagaimana ketika jalan pikiran sebuah pasangan mulai bertentangan,  egois yang lebih menguasai dan mulai hilang kepercayaan? Pasti akan ada badai setelah hujan.  Kita diharuskan berpikir setiap harinya. Bukan hal mudah untuk selalu mengalah. Tapi percayalah, di kemudian hari,  pasangan kita akan sadar ketika kita benar-benar sabar untuk sebuah 'kerukunan'. Ingatlah, api tidak harus dibalas api, tapi api dan air yang akan selalu serasi. Ketika yang satu panas, yang satunya akan mendinginkan.

  Begini caranya:


1. Cobalah Untuk Mengerti dan Memahami 'Mood' Pasangan Anda.
Saling mengerti dan memahami perasaan satu dengan lainnya adalah hal yang penting dalam membangun rumah tangga sakinah, mawaddah, warahmah. Cobalah untuk melihat sudut pandang dia dan mengenal bagaimana perasaannya, melihat apa saja yang membuatnya lelah,  sibuk hari ini,  apa yang ia inginkan,  apa yang membuatnya terus gelisah,  cari tahu itu!  Sehingga Anda akan tahu apa yang bisa membuatnya melebarkan senyum, mau bercerita lebih kepada Anda. Anda bisa lebih mudah memaafkan kesalahan kecil, bahkan Anda menjadi lebih perhatian lagi dari sebelumnya.


2. Jangan Negatif Thinking Dalam Setiap Pertengkaran.
Ingatlah bahwa manusia bukanlah makhluk sempurna yang tidak luput dari kesalahan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Semua orang punya alasan masing-masing. Tidak selamanya Anda tahu tentanh apa yang ia rasakan, yang membuatnya harus melakukan kesalahan. erkadang, seseorang berbuat kesalahan bukan saja karena ada niatan atau kecerobohan, tetapi juga karena kondisi yang memaksanya berbuat salah.


3.   Jangan Egois.
Jangan saling menyalahkan, apalagi ingin menang sendiri.  Tidak ada gunanya. Jika memang terdapat kejanggalan yang dicurigai dapat merusak keutuhan rumah tangga Anda, maka bicarakan baik-baik dengan pasangan.


4. Sikapi Masalah Apapun Dengan Kepala Dingin
Ingatlah, satu kali saja Anda mengucapkan kata-kata kasar dan melukai hati, tentu akan ada masalah lain lagi. Ketika Anda mendapati masalah apapun dalam rumah tangga, pastikan Anda menyikapinya dengan bijak. Jangan pernah mendahulukan emosi Anda, karena emosi tidak akan menyelesaikan masalah, justru akan memperkeruh masalah Anda. Kesampingkan emosi dan ego Anda, Berpkirlah lebih jernih dengan hati yang tenang.


5. Jujur dan Terbuka Satu Sama Lain.
Jangan pernah nodai keharmonisan rumah tangga Anda yang sudah susah payah Anda bangun dengan sebuah kebohongan. Kebohongan yang Anda ciptakan akan menjadi awal kebohongan lainnya.


6. Setia
Manusia memang tidak bisa lari dari cinta, dimanapun,  kapanpun, akan ada seseorang yang lebih menarik dari pasangan kita. Karena memang manusia selalu ada kurangnya, dan sebagai manusia pula kita sering ingin mencari yang lebih. Ingat dan berkominten atas segala yang akan terjadi. Ingat terhadap apa yang Kalian lakukan dulu. Berjuang bersama,  susah senang, saling menasihati, saling menyemangati. Tentu Anda tidak akan sanggup mendua.


7. Lebih dan Lebih Perhatian Lagi
Anda boleh sibuk bekerja dan fokus karir, tetapi jangan melupakan hal penting dalam rumah tangga Anda. Jangan lupa mengingatkan makan,  mandi, jaga kesehatan dan lain sebagainya. Pasangan Anda akan tersentuh dan memberikan perhatian lebih kepada Anda pula.


8. Rahasiakan Masalah Rumah Tangga Dari Orang Lain
Anda sepatutnya pandai-pandai untuk merahasiakan masalah rumah tangga dari publik. Menutupi aib Suami atau Istri adalah hal mulia. Saling membenahi diri dengan tidak menyebarkan keburukan pasangan.


10. Jangan Terlalu Protektif
Pasangan Anda tentu saja ingin melakukan sesuatu yang ia senangi. Meski berbeda hobi dengan Anda, patutlah Anda tetap harus mengahargainya. Harga kepercayaan itu sangat tinggi. Tidak mudah untuk melanggarnya, dan tidak mudah pula untuk memperbaikinya. Berikan kesan yang baik terhadap apa yang akan ia lakukan,  asalkan tidak kelewatan. Kalian bisa membuat sebuah perjanjian untuk tidak saling mengkhianati.
Salam.
Powered by Blogger.