Ini Hukum Pasangan Yang Suka Cemburu, Dosa Atau Tidak?

“Tiga golongan manusia yang Allah SWT mengharamkan surga bagi mereka yaitu pencandu khamr, orang yang durhaka pada orang tuanya dan dayyuts; yang membiarkan kefasikan dan kekafiran dalam rumah tangga, “ (HR. An Nasai)
Pengertian Kefasikan menurut hadist;
“…  Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik, “ (QS. At- Taubah: 67)
“… Orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada diri sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik, “ (QS.  Al-Hasyr: 19)

Setiap insan yang berpasangan akan selalu merasa ingin membahagiakan satu sama lain. Dalam rumah tangga, sangat penting menciptakan keharmonisan demi sebuah keutuhan.

Pada dasarnya, manusia memang mudah tertarik hatinya terhadap sesama jenis atau sebaliknya. Yang dimaksud disini adalah rasa kagum atau rasa ingin menjadi seperti orang yang dikagumi. Hal itu bisa mendorong seseorang menjadi lebih baik lagi apabila yang dikagumi adalah sebuah kebaikan.

Tidak perlu khawatir apabila Suami Anda memuji-muju wanita lain. Bukan berarti Ia suka atau ingin membanding-bandingkan dengan Anda. Seperti yang saya bilang tadi – semua orang pasti punya rasa kagum terhadap sesamanya. Yang jadi masalah disini adalah yang dikagumi adalah seorang wanita.

Di bawah ini adalah inisiatif yang bisa Anda ambil:


1. Mencoba Menonjolkan Kreatifitas Anda
Apa yang Anda bisa?  Memasak, bernyanyi, berpuisi, atau berpantun? Tonjolkan apapun yang Anda kuasai untuk sekadar melepas beban kelelahan Suami Anda, pasti ia akan terhibur dengan hal tersebut.


2. Bersikap Lebih Manis.
Menjakan kehidupan rumah tangga dengan senyuman yang tulus. Jangan sampai membuat keadaan tidak nyaman hanya karena Anda kurang mengukir senyuman. Karena cantiknya wanita itu juga berasal dari senyumannya.


3. Tanyakan, Adakah Yang Kurang.
Tanyakan adakah yang kurang dari diri Anda kepada Suami, saling merendah adalah hal paling mulia dalam hidup. Bersikap sombong bukanlah hal baik. Saling mengunggulkan apa yang dimiliki, cenderung membuat pasangan minder dan tidak nyaman. Ajak Suami bertukar pikiran, berbagi keresahan, bercerita tentang masalalu dan ajaklah untuk memperbaiki segalanya bersama-sama.


4. Mencoba Memperbaiki Diri.
Lihat hal baik dari setiap orang yang dikagumi oleh Suami. Memang tidak ada manusia sempurna di dunia ini. Tapi mau belajar demi orang yang disayang adalah suatu keharusan.

Cemburu menurut KBBI adalah: Rasa kurang percaya atau curiga.
Dan Cemburu yang dilarang dalam islam adalah cemburu yang menitik beratkan pada emosi, pada keegoisan diri. Ya, benar, Cemburu Buta.

Cemburu Buta ialah menuduh tanpa bukti. Sering uring-uringan karena sebab yang tak jelas, belum tahu muara masalahnya.

Sebagai kaum Hawa, kita memang sering takut kehilangan yang berakibat pada timbulnya rasa cemburu. Tapi ada baiknya untuk mengatur rasa cemburu tersebut agar tidak berujung pada dosa.
Powered by Blogger.