Yuk, Intip Sam Poo Kong! Wisata Nuansa Beijing di Indonesia!




Semarang merupakan kota yang memiliki daya tarik wisata yang tinggi. Selain keberadaan bangunan kolonial Semarang juga memiliki tempat wisata khas Tionghoa yang sangat megah dan juga cukup ramai di kunjungi para wisatawan. Salah satunya adalah klenteng Sam Po kong. Wisata ini cukup menarik.


Sejarah klenteng Sam Poo kong

Pada awalnya klenteng ini bernama gedung batu. Bangunan ini tidak lepas dari sejarah laksamana jendral zheeng. Laksamana zheeng merupakan orang Tiongkok yang memiliki nama asli Zheng he, atau juga sering di sebut dengan nama Laksamana Cheng hi. Bangunan ini di sebut gedung batu karena bentuk bangunan yang berada di bukit batu.
Pada awalnya tempat ini bukan klenteng dalam artian sebenarnya (tempat ibadah). Hal itu karena masyarakat sekitar sering menyebutnya. Bangunan ini sebenarnya adalah petilasan dari laksana Cheng ho., Akan tetapi masyarakat sekitar sering menyebutnya klenteng, hal itu di karenakan arsitektur bangunan yang sangat kental dengan khas Tiongkok. Sementara itu laksamana cheng ho sendiri beragama Islam. Hal itu di buktikan dengan adanya tulisan yang memiliki arti “mari mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Quran”.


Bangunan klenteng Sam Poo kong

Suatu hal yang sangat menarik dari wisata ini adalah dari segi gaya bangunannya. Bangunan ini memiliki ciri khas Tiongkok yang di dominasi oleh warna merah. Selain itu juga banyak ornamen dan dekorasi  yang di tambahkan oleh Umar Kong hu Chu yang tinggal di sekitar kawasan tersebut. Sehingga nuansa Islam yang ada dari bangunan ini semakin lama semakin terkikis. Namun masih ada tulisan yang bernilai Islam di dalamnya.



Berikut adalah destinasi di Sam Poo Kong:






Powered by Blogger.